Strategi Sosial Media Marketing
Sosial media marketing merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media sosial. Tujuannya yaitu agar dapat meningkatkan penjualan serta meningkatkan traffic website.
Hal ini bisa dilakukan dengan cara membagikan konten melalui media sosial, beriklan, dan berinteraksi dengan pengikut atau audience. Sementara untuk memulainya, tentu ada strategi yang perlu anda ikuti. Maka dari itu, anda bisa menyimak pembahasan berikut ini mengenai beberapa strategi sosial media marketing yang dapat digunakan untuk pemula, antara lain yaitu :
Apa Saja Strategi Sosial Media Marketing untuk Pemula ?
- Menentukan Tujuan
Anda harus menentukan tujuan dalam memakai media sosial tersebut. Misalnya untuk promosi, untuk mengarahkan pelanggan ke website anda, atau untuk melayani pelanggan. Semua hal itu harus ditentukan sebelum anda melakukan pemasaran melalui media sosial.
Sebaiknya anda juga harus fokus kepada satu tujuan, kecuali jika anda mempunyai tim yang setiap anggotanya bisa mengambil tujuan yang berbeda – beda dalam menggunakan media sosial.
Contohnya, jika anda mempunyai tim marketing yang didalamnya terdapat beberapa anggota yang bertugas dalam melakukan promosi melalui media sosial, dan anggota yang lainnya memiliki tugas dalam melakukan pelayanan pelanggan.
- Kenali Audience
Kunci dari sosial media marketing ini yaitu dengan mengetahui siapa audience anda serta apa yang ingin mereka lihat di media sosial. Dengan megetahui audience, maka anda dapat menentukan tindakan apa yang bisa anda ambil dalam memasarkannya melalui media sosial.
Selain itu, apabila anda baru memulai bisnis tapi masih bingung cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sosial media. Anda dapat menentukan target audiencenya terlebih dahulu.
- Menentukan Media Sosial yang Akan dipakai
Strategi berikutnya yang perlu dilakukan yaitu tentukan media sosial yang akan anda pakai. Apakah youtube, twitter, instagram, facebook, atau lainnya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan riset dulu tentang kesesuaian dari media sosial yang akan dipakai dengan audience anda.
Misalnya dengan berdasarkan jenis kelamin dan usia. Jika sudah melakukan riset serta menemukan media sosial yang cocok, anda bisa dengan mudah menentukan media sosial yang akan dipakai.
- Menentukan Jenis Konten yang Akan dibagikan
Selanjutnya yaitu menentukan konten yang akan dibagikan ke audience. Dalam hal ini Anda juga dapat memakai lebih dari satu media sosial, apabila konten yang akan di share sesuai dengan audience yang anda targetkan.
Misalnya tentang berita, hiburan, riset terbaru, atau lainnya. Anda juga dapat mengemas konten tersebut supaya lebih menarik lagi dan supaya dapat menggiring opini publik secara positif. Contohnya infografis atau video essay.
- Analisis
Strategi yang terakhir yang perlu Anda ketahui yaitu menganalis strategi pemasaran yang sudah anda lakukan di media sosial. Anda bisa menganalisisnya dengan berdasarkan dampak dari konten yang anda bagikan misalnya, pertumbuhan jumlah pengikut, respons di kolom komentar, dan jumlah like.
Setelah anda melakukan analisis tersebut, maka anda akan dapat melihat pola dari para audience di media sosial. Contohnya, konten seperti apa yang audiens suka, kapan waktu yang paling sering mereka mengakses konten anda, serta bentuk promosi semacam apa yang bisa meningkatkan penjualan anda secara langsung.
Jadi dari pola tersebut anda bisa melakukan inovasi saat akan membagikan konten berikutnya.
Nah, itulah pembahasan yang dapat kami jelaskan tentang seputar strategi sosial media marketing. Bagi anda yang tertarik dalam mengembangkan kemampuan bisnis dalam bidang pemasaran. Maka anda bisa menerapkan tahapan strategi yang sudah dijelaskan di atas. Jika anda membutuhkan jasa dalam mengiklankan produk, anda bisa memilih jasa di Rajakomen.com. Kami dapat membantu anda para pengusaha online untuk mempromosikan produk yang anda miliki. Dengan begitu akan mempermudah untuk memperluas target market melalui dunia online.